Grito 2019

Sekitar 80 ribu orang memadati pusat kota Meksiko untuk merayakan hari kemerdekaan Meksiko yang ke-209 pada Minggu malam, 15 September 2015.

Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador (AMLO) memimpin perayaan tersebut dari atas balkon tradisional Istana Nasional.

Istana Nasional (Palacio Nacional) adalah gedung pusat pemerintahan Meksiko yang terletak di lapangan utama Mexico City, Plaza de la Constitución (El Zócalo) atau alun-alun konstitusi.

Dalam puncak perayaan tersebut, Presiden AMLO meneriakkan kata tradisional "grito" atau pekik kemerdekaan "Viva Meksiko".

“Grito” merupakan seruan pahlawan Meksiko, Miguel Hidalgo saat berjuang melawan Spanyol. Perang Kemerdekaan Meksiko secara resmi dimulai pada dini hari tanggal 16 September 1810, ketika pendeta Miguel Hidalgo y Costilla membunyikan lonceng gereja dan berteriak kepada penduduk kota, menyerukan kemerdekaan dan kedaulatan untuk Meksiko dengan mengangkat senjata dan bangkit melawan penjajahan Spanyol.

Peristiwa tersebut dikenal sebagai "el grito de Dolores" (Teriakan Dolores), dinamai sesuai dengan nama kota di negara bagian Guanajuato di mana peristiwa itu terjadi. "Grito de Dolores" pun memicu pemberontakan melawan pemerintahan Spanyol.

Sementara itu persembahan musik tradisional khas negeri sombrero turut meramaikan perayaan hari kemerdekaan Meksiko. CECAM Mixe Band dari Pusat Pelatihan Musik dan Pengembangan Budaya Mixe, yang merupakan komunitas asli Negara Bagian Oaxaca, memainkan karya musik simbolik seperti Huapango de Moncayo, Mixteca Song, Voz dan Jarabe yang merepresentatifkan budaya khas Meksiko.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan kemerdekaan Meksiko juga dimeriahkan dengan pesta kembang api yang mewarnai langit Meksiko.

Namun pesta kembang api di sejumlah wilayah terpaksa dibatalkan untuk menghindari terjadinya kecelakaan serta gangguan terhadap hewan peliharaan. Lokasi-lokasi yang membatalkan pesta kembang api tersebut antara lain Tláhuac di Mexico City, Tulum di Quintana Roo, dan beberapa kota di wilayah Monterrey dan Nuevo León.

Comments powered by CComment