Rain 84648 1280

Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) hasil kolaborasi pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan BMKG dikabarkan menuai hasil yang diharapkan.

Berdasarkan laporan Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo, seperti yang dilansir dalam laman resmi BNPB, setelah pesawat Cassa 212-200 menyemai awan dengan garam NaCl sebanyak 800 kg di atas wilayah Pulang Pisau Kalimantan Tengah pada Jumat pagi, 20 September 2019, sore harinya sekitar pukul 15.00 akhirnya turun hujan deras selama kurang lebih 30 menit di wilayah Pulang Pisau, Kalimantan Tengah dan Martapura, Kalimantan Selatan.

Sementara itu pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa sejak hari ini sampai beberapa hari ke depan mulai terdapat awan potensial hujan di wilayah Kalimantan.

Karena itulah operasi TMC akan terus dilanjutkan dan diintensifkan untuk menghasilkan hujan agar kebakaran hutan dan lahan dapat segera padam dan langit bersih kembali dari polusi asap.

Comments powered by CComment