Huracan Lorena

Servicio Meteorológico Nacional (SMN) atau Layanan Meteorologi Nasional Meksiko merilis informasi terbaru mengenai terjangan Badai Lorena di negara tersebut.

Berdasarkan data dari SMN, pada hari ini, 21 September 2019 pukul 13:15, pusat Badai Lorena Kategori 1 terpantau berada di perairan Teluk California di lepas pantai timur Baja California Sur, di koordinat 26.1° LU dan 110.8° BB, sekitar 55 km timur laut Loreto, Baja California Sur dan 205 km selatan Guaymas, Sonora.

Badai tersebut bergerak ke utara (350 °) dengan kecepatan 19 kilometer per jam, dan kecepatan angin 120 hingga 150 kilometer per jam.

Berdasarkan laporan yang ada, Badai Lorena ini mengakibatkan potensi turunnya hujan lebat (150 hingga 250 liter/ m2) di Sonora, hujan sedang (75 hingga 150 liter/m2) di Baja California Sur, Chihuahua, Sinaloa utara dan hujan ringan (50 hingga 75 liter/m2) di Durango. Selain itu terdapat potensi badai di pantai timur Baja California Sur, Sonora dan Sinaloa.

Terkait hal tersebut pemerintah Meksiko menghimbau agar masyarakat yang tinggal di daerah pesisir di wilayah yang terdampak badai agar berhati-hati, sedangkan untuk para nelayan dihimbau untuk tidak melaut untuk sementara waktu.

Selain itu masyarakat juga diminta untuk mengikuti rekomendasi yang dikeluarkan oleh otoritas Sistem Perlindungan Sipil Nasional setempat.

 Sumber: https://smn.conagua.gob.mx

Comments powered by CComment