Earthquake 1665870 960 720

Gempa bumi dengan magnitudo 6,4 SR mengguncang wilayah di sekitar 160 km di lepas pantai Chiapas, Meksiko, pada Selasa, 19 November 2019 pukul 10:27 malam waktu setempat.

Menurut laporan yang dirilis Sistem Seismologi Nasional Meksiko, SSN, epicentrum gempa terletak di pantai negara bagian Chiapas, dekat perbatasan dengan Guatemala, pada koordinat adalah 13,76° LN dan 93,35° BW dengan kedalaman 9 km.

Guncangan gempa dirasakan di Ciudad Hidalgo, Comalapa, Huixtla, San Cristobal, Villahermosa serta sejumlah area di wilayah Isthmus de Tehuantepec.

Hingga pukul 5 pagi tadi telah terjadi sekitar 14 gempa susulan dengan magnitudo tertinggi tercatat 4,9 SR. Berikut laporan resmi SSN melalui laman resminya di twitter @SismologicoMX.

Gempa 6.4 ini merupakan gempa bumi terbesar kedua yang terjadi di Meksiko selama tahun 2019. Sebelumnya gempa dengan kekuatan 6,5 terjadi pada 1 Februari 2019 lalu dengan pusat gempa berada di dekat Tapachula, Chiapas.

Sementara itu terkait dengan pertanyaan masyarakat yang tidak mendengar suara peringatan gempa (Seismic Alert System) saat gempa terjadi, padahal magnitudo gempa tercatat cukup besar, yaitu mencapai 6.4, pihak Alerta Sismica Mexico (SASMEX) melalui akun resminya @SASMEX menegaskan bahwa tidak berbunyinya sistem peringatan gempa di suatu wilayah bukan berarti rusaknya sistem peringatan gempa yang ada, melainkan dikarenakan protokol pemilihan yang memungkinkan peringatan diberikan hanya di tempat yang dibutuhkan.

Comments powered by CComment