Popocatepetl Volcano 09 01 2020

Gunung berapi Popocatepetl dilaporkan mengeluarkan suara dentuman keras yang diiringi oleh kepulan asap pekat pada Kamis, 9 Januari 2020 sekitar pukul 6:31 pagi waktu setempat.

Menurut laporan yang dirilis oleh The CENAPRED yang bekerjasama dengan Autonomous University of Mexico (UNAM), gunung berapi yang terletak sekitar 72 km tenggara Mexico City itu mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu mencapai 3000 meter dari puncak gunung.

Selain erupsi, Popocatepetl juga sempat mengalami gempa tremor selama 90 menit pada pukul 10:04 dengan kekuatan 1,4 SR.

Sebelum erupsi, Gunung Popocatepetl yang merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Meksiko dengan ketinggian mencapai 5.426 meter itu telah menunjukan aktifitas vulkanik hingga 268 kali dalam 24 jam terakhir.

Pihak berwenang setempat menghimbau agar masyarakat menjauh dalam radius 12 kilometer dari kawah karena dikhawatirkan akan terkena bahaya lahar dan benda-benda vulkanik lainnya.

Sedangkan untuk masyarakat yang terdampak oleh hujan abu akibat letusan Gunung Popocateptl, pihak berwenang setempat menghimbau agar menggunakan masker untuk melindungi hidung dan mulut serta menggunakan kacamata saat hendak melakukan aktifitas di luar rumah. Selain itu selalu bersihkan tenggorokan dengan menggunakan air bersih, serta selalu menutup pintu dan jendela rumah.

Masyarakat juga diminta untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh kabar yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Untuk informasi resmi dapat diakses hanya melalui akun resmi: www.gob.mx/cenapred dan @CNPC_MX

 

Sumber: www.gob.mx/cenapred dan @CNPC_MX

Comments powered by CComment