Tsunami   Illustration Resize 90

Gempa bumi dengan magnitudo 7.7 di Jamaika yang diikuti oleh peringatan dini tsunami di sejumlah negara turut membuat panik warga Meksiko yang tinggal di sekitar pantai Karibia.

Pasalnya besarnya kekuatan gempa yang berpusat di 127 km utara - barat laut Lucea, Hanover, Jamaika tersebut, turut dirasakan guncangannya hingga di pantai negara bagian Quintana Roo, Campeche, Tabasco, Yucatán dan Veracruz di Meksiko.

Bahkan sesaat setelah terjadinya gempa, pihak Koordinasi Perlindungan Sipil Nasional (CNPC) dan Pusat Peringatan Tsunami (CAT) Semar, menerbitkan peringatan dini tsunami.

Diperkirakan gelombang pertama dapat mencapai wilayah Cozumel di negara bagian Quintana Roo sekitar pukul 2:34 malam waktu Mexico City, dengan kenaikan permukaan air laut diperkirakan berada di kisaran 30 cm hingga satu meter.

Namun beberapa saat kemudian lembaga tersebut kembali mencabut peringatan dini tsunami di pantai Karibia Meksiko yang diakibatkan oleh gempa bumi di Jamaika.

Sebelumnya diberitakan gempa dengan kekuatan 7.7 mengguncang wilayah Jamaika pada Selasa, 28 Januari 2020, pukul 13:10 waktu setempat. Pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 10 km, sekitar 127 km utara - barat laut Lucea, Hanover, Jamaika.

Akibat besarnya kekuatan gempa dan dangkalnya episentrum gempa sempat memunculkan peringatan dini tsunami di sejumlah negara seperti di Jamaika, Kuba, Kepulauan Cayman, Belize, Honduras dan Meksiko. Namun beberapa saat kemudian peringatan dini tsunami tersebut kembali dicabut. 

Sumber: @SEMAR_mx, @CNPC_MX

Comments powered by CComment