Screenshot 20200314 154046 Resize 79

Secretaría de Educación Pública (SEP) atau Kementerian Pendidikan Publik Meksiko memutuskan untuk memajukan dan memperpanjang masa liburan Semana Santa atau libur Paskah menjadi satu bulan.

Dengan demikian sekolah-sekolah di Meksiko akan memulai masa liburan panjangnya dari 20 Maret hingga 20 April 2020. Padahal seharusnya masa liburan Semana Santa di negeri sombrero hanya berlangsung selama dua minggu, yaitu 5 April hingga 11 April saja.

Menurut Sekretaris Pendidikan Publik Esteban Moctezuma Barragán dalam konferensi persnya hari ini, Sabtu (14/3/2020), perpanjangan masa libur sekolah tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona yang semakin memprihatinkan.

Selain itu, SEP juga membatalkan acara-acara olahraga dan festival kewarganegaraan yang biasa diadakan di sekolah untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di Meksiko.

"Kami berbicara bahwa langkah untuk memajukan liburan adalah untuk semua tingkatan, 33 juta siswa, 250 ribu sekolah," ungkap Esteban Moctezuma.

Dalam masa liburan Semana Santa tersebut, ia menghimbau agar masyarakat tidak melakukan perjalanan ke luar negeri agar terhindar terinfeksi Covid-19.

Diakui Sekretaris Pendidikan Publik Meksiko, langkah-langkah tersebut ditentukan setelah kepala Departemen Pendidikan Publik (SEP) bertemu dengan wakil Menteri Kesehatan Meksiko, Hugo López-Gatell, wakil Menteri Pendidikan Federal dan sekretaris Negara Pendidikan Sabtu pagi ini.

Esteban Moctezuma juga mengumumkan terkait dengan langkah-langkah untuk mencegah penyebaran coronavirus COVID-19 di ruang sekolah, termasuk filter sekolah akan dimulai pada Selasa ini dari mulai sekolah dasar hingga menengah atas, serta tingkat pendidikan yang lebih tinggi (universitas).

Sementara itu berdasarkan informasi dari https://www.worldometers.info/coronavirus/#countries hingga Sabtu, 14 Maret 2020 pukul 16.00 waktu Meksiko, jumlah kasus orang yang terinfeksi Covid-19 di Meksiko telah mencapai 26 kasus. Dari jumlah tersebut sebanyak 4 diantaranya dinyatakan sembuh sementara satu lainnya masih dalam kondisi kritis.

 

Sumber: Twitter @SEP_mx https://www.worldometers.info/coronavirus/#countries

Comments powered by CComment