Terremoto Oaxaca 320x240

Gempa besar berkekuatan 7.1 yang kemudian diperbaharui menjadi 7.5 mengguncang wilayah Meksiko pada Selasa, 23 Juni 2020 sekitar pukul 10.29:03 pagi waktu Mexico City.

Berdasarkan laporan dari Sismológico Nacional melalui laman resmi twitternya @SSNMexico, pusat gempa berada di 12 km al Sureste de Crucecita, Oaxaca, Lat 15.68 Lon -96.07 dengan kedalaman 10 km.

Guncangan besar dirasakan hingga wilayah ibu kota, Mexico City. Warga yang merasakan guncangan sesaat setelah alarm peringatan gempa menyala, langsung berhamburan keluar rumah dan berkumpul di tempat terbuka.

Guncangan gempa dirasakan cukup lama, yaitu mencapai sekitar 2 menit. Rumah-rumah, tiang listrik hingga mobil-mobil yang diparkir di depan rumah pun tampak berguncang dengan jelas. Saluran listrik, telefon dan internet langsung mati sesaat setelah guncangan gempa melanda.

Menurut laporan dari Gubernur Oaxaca seperti yang dilansir oleh @SkyAlertMx via twitter, hingga saat ini gempa tersebut mengakibatkan satu orang meninggal dan satu orang lainnya mengalami luka-luka di wilayah Huatulco.

Peringatan tsunami juga sempat dikeluarkan oleh otoritas setempat sesaat setelah terjadinya gempa tersebut.

Selain di wilayah Oaxaca yang menjadi episentrum gempa, kerusakan akibat gempa juga dilaporkan terjadi di sejumlah wilayah lainnya seperti di Mexico City dan Puebla.

Hingga saat ini telah terjadi lebih dari 200 kali gempa susulan pasca gempa utama bermagnitudo 7.5 pada Hari Selasa pagi tadi.

 

 

Comments powered by CComment