Jos Jos Lbum

Dunia musik Meksiko tengah berduka. José José, sang pangeran lagu legendaris negeri sombrero, wafat di usia 71 tahun pada Sabtu, 28 September 2019 lalu.

José José meninggal di Miami, Florida, Amerika Serikat, di mana ia tinggal bersama istrinya, akibat komplikasi dari kanker pankreas yang dideritanya.

José José yang memiliki nama asli José Rómulo Sosa Ortiz, lahir di Mexico City pada 17 Februari 1948. Ia merupakan putra dari José Sosa Esquivel, seorang penyanyi opera Meksiko bersuara tenor, dan Margarita Ortiz, seorang pianis.

José José memulai debutnya di blantika musik Meksiko pada tahun 1965 saat mendapatkan kontrak rekaman profesional untuk pertama kalinya. Pada tahin 1969 ia memasuki studio VCActor RCA di Mexico City dan merilis album LP pertamanya. Dari LP inilah José Sosa mulai menggunakan nama panggung José José, yang merupakan perpaduan dari nama depannya dengan nama sang ayah.

Romantic balada menjadi genre yang dipilihnya di tengah serbuan musik rock and roll yang sedang popular kala itu. José José identik dengan pakaian yang selalu terlihat elegan yang tampil di klub-klub malam yang eksklusif.

Sepanjang karirnya, José José berhasil menjual lebih dari 100 juta album, yang menjadikannya salah satu penyanyi Amerika Latin paling sukses dalam sejarah. Selain itu ia juga menerima sembilan nominasi Grammy.

Meskipun lagu-lagunya berbahasa Spanyol, namun musiknya mampu merambah ke negara-negara non Spanyol seperti Arab Saudi, Mesir, Israel, Jepang dan Rusia.

Selain sukses sebagai penyanyi, José José juga terjun di dunia akting. Ia tercatat membintangi sejumlah film, antara lain Looking for a Smile, The Million Run, Gavilan atau Pigeon dan Taste Me and Forgive Me All.

José José memiliki masalah yang cukup serius dengan kesehatannya. Pada akhir 1980-an, ia pernah menjalani beberapa operasi pita suara sebagai akibat dari penggunaan kortisol, alkohol, dan kurang istirahat.

Pada 24 Maret 2017 ia mengumumkan kalau dirinya menderita kanker pankreas. Hari Sabtu, 28 September 2019 José José menghembuskan nafas terakhirnya. Selamat jalan, Pangeran Lagu!

Ungkapan duka cita dari pihak keluarga

https://www.instagram.com/p/B29404aA0Ca/?utm_source=ig_embed

Comments powered by CComment