19 11 13 22 46 18 160 Deco

Rendang merupakan makanan asli Indonesia yang telah diakui kelezatannya di seluruh dunia. Pada tahun 2011, rendang dinobatkan sebagai hidangan yang menduduki peringkat pertama dalam daftar World's 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) versi CNN International. Kemudian pada 2018, rendang secara resmi ditetapkan sebagai salah satu dari lima hidangan nasional Indonesia.

Rendang adalah masakan daging dengan bumbu rempah-rempah yang berasal dari daerah Minangkabau. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan menggunakan santan hingga kuahnya mengering.

Proses memasaknya membutuhkan waktu sekitar empat jam. Potongan daging dimasak bersama bumbu dan santan dalam panas api yang tepat, diaduk perlahan-lahan hingga santan dan bumbu terserap daging. Setelah mendidih, apinya dikecilkan dan terus diaduk hingga santan mengental dan menjadi kering.

Rendang yang sudah siap disajikan biasanya berwarna hitam pekat. Sedangkan rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dengan santan belum mengering disebut kalio, berwarna cokelat terang keemasan.

Jika dimasak dengan tepat, rendang kering dapat bertahan disimpan dalam suhu ruangan selama tiga sampai empat minggu, bahkan dapat bertahan hingga lebih dari sebulan jika disimpan dalam kulkas, dan enam bulan jika dibekukan.

IMG 20191114 WA0010

Seorang warga di Meksiko tengah menikmati hidangan rendang dan nasi Padang (Foto: FB Renta Uli Panggabean)

Dalam tradisi Minangkabau, rendang adalah hidangan yang wajib disajikan dalam setiap perayaan adat, seperti berbagai upacara adat Minangkabau, kenduri, atau menyambut tamu kehormatan.

Rasa rendang yang lezat, gurih dan agak berminyak dengan sensasi sedikit rasa pedas di dalamnya membuat ketagihan bagi siapa pun yang memakannya.

Rendang dapat dijumpai di Rumah Makan Padang di seluruh dunia. Selain di Indonesia, rendang juga populer di negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina dan Thailand.

Meskipun rendang merupakan masakan tradisional asli Minangkabau, namun teknik memasak serta pilihan dan penggunaan bumbu rendang berbeda-beda di setiap daerah.

Rendang umumnya menggunakan daging sapi, tetapi dikenal pula berbagai jenis bahan daging lainnya yang dimasak sesuai bumbu dan resep. Diantaranya rendang ayam, Rendang bebek, rendang hati (sapi), rendang telur (ayam), rendang paru (sapi), rendang ikan tongkol, rendang suir, rendang kerang, rendang pensi dan rendang belut.

 

Sumber:
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Rendang

 

Comments powered by CComment