1574899359521

Nasi tumpeng merupakan salah satu ikon kuliner dari 30 ikon kuliner tradisional khas Indonesia yang ditetapkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia pada tahun 2012. Nasi tumpeng identik dengan pesta atau perayaan-perayaan seperti perayaan keagamaan, adat istiadat, ulang tahun dan lain-lain.

Nasi tumpeng adalah cara penyajian nasi yang dibentuk kerucut menyerupai gunung dan ditata bersama dengan lauk-pauknya. Dari bentuknya yang mengerucut seperti gunung, falsafah tumpeng ini berkaitan erat dengan kondisi geografis Indonesia yang terdapat banyak gunung berapi.

Dengan konsep mengerucut dan menjulang tinggi, mempresentasikan konsep ketuhanan yang mempunyai derajat tinggi dan esa, serta berada di puncak. Selain itu, konsep menjulang tinggi ini juga menggambarkan harapan agar tingkat kehidupan manusia semakin tinggi atau sejahtera.

 19 11 27 14 32 08 274 DecoSalah satu tumpeng yang dibuat warga negara Indonesia di Meksiko (Foto: Renta Uli Panggabean)

Nasi tumpeng biasa disajikan di atas tampah (wadah berbentuk bundar tradisional yang terbuat dari anyaman bambu) yang dialasi daun pisang dan dikelilingi lauk pauk dipinggirnya. Masyarakat di pulau Jawa, Bali dan Madura memiliki kebiasaan membuat tumpeng untuk kenduri atau merayakan suatu peristiwa penting, seperti perayaan kelahiran atau ulang tahun serta berbagai acara syukuran lainnya.

Tumpeng merupakan bagian penting dalam perayaan atau kenduri di Indonesia. Perayaan atau kenduri adalah wujud rasa syukur dan terima kasih kepada Yang Maha Kuasa atas melimpahnya hasil panen dan berkah lainnya. Karena memiliki nilai rasa syukur dan perayaan, hingga kini tumpeng sering kali berfungsi menjadi kue ulang tahun dalam perayaan pesta ulang tahun.

 19 11 27 16 41 28 709 DecoSalah satu tumpeng yang dimodifikasi sebagai kue ulang tahun (Foto: quetalmexico)

Saat kenduri, syukuran, selamatan atau pesta ulang tahun, puncak tumpeng akan dipotong dan diberikan kepada orang yang paling penting, paling terhormat, paling dimuliakan, atau yang paling dituakan di antara orang-orang yang hadir. Hal ini dimaksudkan untuk menunjukkan rasa hormat kepada orang tersebut.

 Tumpeng 705589 1280Momen saat pemotongan puncak tumpeng (Foto: www.pixabay.com)

 19 11 27 17 52 32 326 DecoPenyerahan nasi tumpeng oleh Dubes RI di Mexico City Cheppy T. Wartono dan Istri, Yosepha Dewi Ariesanti (Foto: Quetalmexico)

Kemudian semua orang yang hadir diundang untuk bersama-sama menikmati hidangan nasi tumpeng beserta lauknya. Dengan tumpeng masyarakat Indonesia menunjukkan rasa syukur dan terima kasih kepada Tuhan sekaligus merayakan kebersamaan dan kerukunan.

Sumber:
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Tumpeng

 

Comments powered by CComment