Mexican Food

Makanan tradisional Meksiko

Meksiko tidak hanya terkenal dengan telenovelanya saja, tapi juga dikenal dengan kelezatan berbagai jenis makanannya. Salah satunya adalah Taco.

Iya, mendengar nama taco pasti mengingatkan kita dengan Meksiko. Pasalnya makanan yang satu ini memang identik dengan Negeri Sombrero, seperti halnya rendang di Indonesia.

Namun makanan populer khas Meksiko bukan hanya taco loh. Masih banyak makanan tradisional asli Meksiko yang tidak kalah enaknya.

Berikut adalah 10 makanan tradisional terfavorit orang Meksiko.

1. Taco

Di urutan pertama tentu saja ada taco. Taco adalah makanan khas Meksiko yang terdiri atas gulungan atau lipatan tortilla yang diisi dengan berbagai macam toping di dalamnya.

Tortilla adalah roti tanpa ragi yang terbuat dari tepung jagung atau tepung terigu yang dibentuk secara pipih. Tortilla ini diisi dengan berbagai makanan di atasnya, biasanya daging, irisan bawang bombay, irisan nopal atau daun kaktus, silandro atau daun ketumbar dan saos sambal. Tortilla yang telah diisi makanan tersebut kemudian dimakan dengan cara dilipat atau digulung.

 

Taco 4709325 1280

Taco (Foto: pixabay)

 

2. Tamales

Tamales mengingatkan saya dengan lontong di Indonesia. Bedanya tamales ini terbuat dari masa, yaitu sejenis adonan pati dari tepung jagung yang dibungkus dengan daun jagung atau daun pisang.

Di dalam masa atau adonan tepung jagung ini biasanya diisi dengan berbagai isian dari mulai daging, jamur, hingga sea food yang dilengkapi dengan cabai, sayuran, dan bahkan buah.

Untuk yang muslim atau yang tidak makan pork, pastikan kalau tamales yang kita beli tidak berisi daging babi ya.

Tamales merupakan makanan tradisional asli dari Amerika Tengah. Menurut wikipedia, Meksiko adalah negara dengan jenis tamales yang paling beragam di dunia, yang kabarnya mencapai hingga 5000 jenis tamales.

 Tamales

Tamales (Foto: quetalmexico)

 

3. Quesadilla

Quesadilla dalam bahasa Spanyol berarti 'suatu benda kecil yang mengandung keju'. Quesadilla adalah hidangan Meksiko yang terdiri dari tortilla jagung atau gandum, yang dilipat dua, berisi keju, daging, jamur, paprika dan bahan-bahan lainnya seperti krim yang dimakan dalam keadaan panas.

Quesadilla yang paling sederhana biasanya hanya berupa tortilla, baik tortilla jagung maupun tortilla terigu yang diisi dengan keju atau krim, kemudian dilipat lalu dipanggang hingga keju atau krim meleleh.

 Quesadilla

Quesadilla (Foto: pixabay)

 

4. Huarache

Huarache dalam Bahasa Spanyol berarti Sandal. Dinamakan demikian karena jenis makanan ini bentuknya menyerupai jenis alas kaki tersebut.

Huarache merupakan salah satu hidangan tradisional yang sangat populer di Meksiko. Jenis makanan ini terdiri dari adonan masa atau adonan tepung jagung yang diisi kacang pinto yang dihancurkan. Masa yang berisi kacang pinto tersebut kemudian di bentuk lonjong menyerupai sandal lalu digoreng atau dipanggang.

Setelah digoreng, huarache diberi berbagai varian toping sesuai selera. Biasanya berisi ayam suwir, irisan bawang bombay, irisan bawang merah, kentang, silandro atau daun ketumbar, dan salsa atau sambal merah atau hijau yang diakhiri dengan taburan keju atau krim.

 Tlacoyo Huarache

Huarache (Foto: Pixabay)

 

5. Mixiote

Mixiote merupakan hidangan daging, biasanya daging kambing atau kelinci, tetapi saat ini digunakan pula daging ayam, domba bahkan daging babi, yang dibungkus dengan selaput kulit maguey dan dimasak dalam waktu yang sangat lama.

Proses memasak hidangan ini dibutuhkan kesabaran. Daging yang telah dipotong lalu dibumbui dengan cabe aromatik seperti guajillo dan pasilla, serta rempah-rempah seperti timi, marjoram, dan daun salam.

Terkadang potongan nopal atau daun kaktus disertakan di dalam potongan daging sebelum kemudian dibungkus dengan selaput kulit maguey hingga memberikan rasa yang khas. Setelah itu daging dengan balutan selaput tipis kulit maguey tersebutdikukus selama 11 hingga 12 jam sampai daging pun terasa empuk.

RedMixiote Wikipedia

Mixiote (Foto: Wikipedia)

 

6. Guacamole

Guacamole adalah salah satu saus Meksiko yang paling populer dan digemari warga Meksiko. Guacamole terbuat dari buah alpukat dan cabai hijau, ditambah dengan silandro atau daun ketumbar, lemon, bawang bombay dan garam.

Guacamole cocok dimakan dengan berbagai jenis makanan Meksiko lainnya selayaknya saos di Indonesia, seperti dengan tortilla hingga menjadi taco guacamole, bisa juga dengan totopos atau kripik tortilla, dengan quesadilla maupun huarache.

 Avocado Guacamole2

 Guacamole (Foto: Pixabay)

 

7. Mole

Mole adalah nama umum untuk beberapa jenis saus yang digunakan di Meksiko, merupakan salah satu hidangan tradisional yang dibuat terutama dengan cabai dan rempah-rempah yang berbeda.

Saat ini terdapat lebih dari 50 jenis mole di Meksiko. Namun yang paling terkenal adalah Mole Poblano yang berasal dari negara bagian Puebla.

Mole Poblano ini memiliki warna yang gelap dan rasa yang pedas, yang dibuat dari bahan-bahan antara lain kakao, cokelat, paprika, tomat, almond, wijen, kismis dan bawang. Mole biasa disajikan dengan tortilla, nasi, sayuran dan daging.

Mole Poblano Con Arroz Blanco Wikipedia

Mole Poblano (Foto: Wikipedia)

 

8. Pozole

Pozole adalah sup tradisional khas Meksiko. Sup ini terbuat dari bubur jagung dengan daging, yang dilengkapi dengan selada atau kubis, cabai, bawang merah, bawang putih, lobak, alpukat, salsa atau sambal serta lemon.

Pozole biasanya menggunakan pork atau daging babi. Namun kita bisa menggantinya dengan daging ayam atau daging kalkun dengan rasa yang tak kalah lezatnya. Bagi vegetarian, bisa juga menikmati pozole yang gurih tanpa campuran daging.

Pozole Pixabay

Pozole (Foto: Pixabay)

 

9. Enchilada

Makanan berikutnya yang merupakan makanan populer asli Meksiko adalah Enchilada. Enchilada merupakan makanan yang dibuat dari tortilla yang digulung dengan berbagai macam isian di dalamnya, lalu disiram dengan saus sambal atau salsa merah maupun salsa hijau, bahkan dengan mole, sesuai dengan selera.

Enchilada dapat diisi dengan apa saja, dari mulai daging, keju, kentang, sayuran, makanan laut atau campuran dari semua makanan tersebut.

Enchilada semakin lezat dengan tambahan toping seperti selada cincang, bawang bombai cincang, lobak, avocado dengan taburan keju di atasnya.

Enchilada Pixabay

Enchilada (Foto: Pixabay)

 

10. Chilaquiles

Chilaquiles adalah hidangan tradisional Meksiko yang terbuat dari potongan tortilla jagung yang dipotong dan digoreng hingga menjadi kripik tortilla atau totopos yang gurih dan renyah.

Kripik tortilla ini kemudian disiram dengan salsa merah atau salsa hijau, sesuai dengan selera. Biasanya chilaquiles dilengkapi dengan toping ayam suwir, bawang bombai, bawang merah, alpukat, krim dan taburan keju. Rasanya seperti krupuk yang disiram dengan sambal cair yang lezat.

Chilaquiles Pixabay

Chilaquiles (Foto: Pixabay)

Sumber: Dari berbagai sumber

Comments powered by CComment