El Moro 1

Menikmati kuliner jajanan Churros yang ada di Meksiko rasanya tak akan lengkap jika tidak mencoba kehangatan, gurih dan renyahnya churros populer yang satu ini, namanya El Moro.

Tempatnya yang instagramable sering kali menjadi lokasi andalan khalayak kota Meksiko untuk bersantai sambil menyantap kue kering yang digoreng ini.

Di Meksiko sendiri ada banyak cabang El Moro di berbagai sudut kota dan telah berdiri sejak tahun 1935, diantaranya di kawasan Condesa, salah satu lokasi paling hipster di Mexico City.

Sejarah asal muasal churros ini masih belum jelas, ada yang menyebutkan berasal dari daratan China yang telah ada sejak dinasti Ming, lalu dibawa oleh bangsa Portugis menuju daratan Eropa, khususnya Portugal dan Spanyol. Kemudian menyebar hingga ke negara-negara jajahannya, termasuk di Amerika Selatan dan juga Meksiko.

Dengan adonan utama berupa campuran tepung terigu dan gula, churros yang tercetak berbentuk bulat memanjang, akan digoreng hingga berwarna coklat keemasan.

Biasanya churros yang telah masak dan sedang hangat-hangatnya akan digulingkan pada gula atau campuran kayu manis. Banyak orang menghidangkan churros dengan berbagai jenis minuman yang menggugah selera, seperti mencelupkannya kedalam coklat panas, susu, maupun minuman favorit lainnya.

Tak hanya nikmat dikonsumsi kala bersantai, churros juga sering menjadi hidangan untuk sarapan. Rasanya manis, gurih, dan renyah. Harganya pun sangat bersahabat di kantong.

Dengan harga 72 peso Meksiko atau setara 53.000 rupiah, kita sudah mendapatkan 4 batang churros yang lezat. Paling pas dinikmati bersama teman sambil ngobrol-ngobrol santai.

Seperti yang diakui oleh Katherin Aprilia, salah satu warga Indonesia asal Jakarta yang sedang menikmati liburan di negeri Sombrero. Menurut Katherin, churros red velvet yang dicicipinnya sangat renyah, apalagi dihidangkan dengan coklat Perancis. Penasaran? (Inten).

Comments powered by CComment