Dia De Las Madres   Regalo Delantal

Jika di Indonesia Hari Ibu jatuh setiap tanggal 22 Desember, maka di Meksiko, Hari Ibu selalu diperingati setiap tanggal 10 Mei. Orang Meksiko menyebutnya dengan "El Día de la Madre".

Hari Ibu di Meksiko selalu disambut meriah setiap tahunnya. Para suami dan anak-anak merayakan dan memanjakan istri sekaligus ibu dari anak-anaknya dengan bersantap malam istimewa di restoran favoritnya, lengkap dengan kartu dan bunga sebagai ucapan selamat.

Begitu istimewanya Hari Ibu di negeri sombrero sehingga sejumlah sekolah pun bahkan meliburkan para siswanya demi memberikan kesempatan mereka untuk turut merayakan El Día de la Madre bersama ibunda tercinta.

Sementara sekolah lainnya mengadakan festival di mana anak-anak menari, bernyanyi serta membuatkan kerajinan tangan yang kemudian dipersembahkan sebagai hadiah untuk wanita yang melahirkan mereka.

Diperingatinya tanggal 10 Mei sebagai Hari Ibu atau El Día de la Madre di Meksiko tidak terlepas dari pendeklarasian Presiden Amerika Serikat, Woodrow Wilson pada tahun 1914 yang menetapkan Hari Ibu (Mother's Day) di negara tersebut pada tanggal 10 Mei.

Sebelum diresmikan Presiden Woodrow Wilson, seorang aktivis sosial dan pengorganisir komunitas selama era Perang Sipil Amerika bernama Ann Maria Reeves Jarvis terlebih dahulu telah diakui sebagai ibu yang menginspirasi lahirnya Hari Ibu sekaligus sebagai pendiri gerakan Hari Ibu.

Kemudian putrinya yang bernama Anna Marie Jarvis mengusulkan agar setiap tanggal 10 Mei dirayakan sebagai Hari Ibu di AS, untuk mengakui kerja keras para ibu kepada masyarakat.

Gagasan itu ternyata diterima oleh masyarakat sehingga ia pun diakui sebagai pendiri liburan Hari Ibu di Amerika Serikat. Gagasan Hari Ibu yang diperingati setiap tanggal 10 Mei itu pun kemudian turut menyebar ke negara lain.

Da De Las Madres Regalo
Hadiah untuk para ibu

Sedangkan kapan dimulainya El Día de la Madre di Meksiko terdapat berbagai versi. Berdasarkan penelitian dari Marta Acevedo, seorang spesialis studi gender, peringatan Hari Ibu di negeri tacos mulai dilakukan disertai dengan kampanye prokreasi yang agresif, dengan tujuan untuk meminimalkan feminisme yang mulai muncul pada saat itu.

Kampanye El Día de la Madre di Meksiko tersebut didukung oleh Surat Kabar Excelsior dan lembaga pemerintah konservatif yang akhirnya diresmikan melalui keputusan presiden.

Sedangkan menurut versi resmi dari pemerintah, gagasan mengadopsi 10 Mei sebagai Hari Ibu sebagaimana negara tetangganya, justru datang dari Presiden José Vasconcelos, yang mengusulkannya melalui Surat Kabar Excelsior. Maka pada tahun 1922, Hari Ibu pun secara resmi dirayakan untuk pertama kalinya di Meksiko.

 

Referensi:
https://www.milenio.com/estilo/dia-de-las-madres-por-que-se-celebra-el-10-de-mayo-y-su-origen
http://www.unionpuebla.mx/articulo/2019/05/08/cultura/como-se-celebra-el-dia-de-las-madres-en-mexico
https://www.elsiglodetorreon.com.mx/noticia/1222497.1922-se-celebra-el-primer-dia-de-las-madres-en-mexico.html

 

 

Comments powered by CComment