Tianguis   Vendedor De Especias

Meksiko tidak hanya kaya dengan destinasi wisata alam, arkeologikal, telenovela dan sepakbolanya saja, tetapi juga memiliki berbagai kebudayaan yang unik dan beragam sejak ratusan tahun silam, salah satunya adalah tianguis (baca; tianggis).

Jika di Indonesia punya pasar tradisional mingguan, yaitu pasar tradisional yang hanya buka di setiap hari tertentu dalam setiap minggunya, seperti Pasar Minggu (Pasar yang hanya buka di hari minggu), maka di Meksiko ada tianguis.

Tianguis (berasal dari kata "tianquiztli" dalam Bahasa Nahuatl, yang artinya pasar) adalah pasar tradisional, semacam pasar kaget atau pasar loak di Meksiko yang telah ada di Mesoamerika sejak zaman pra-Hispanik yang telah berevolusi dalam bentuk dan konteks sosial selama berabad-abad.

Tianguis merupakan percampuran dari tradisi dagang masyarakat pra -panpan Mesoamerika, termasuk Aztec dengan tradisi pasar ala Timur Tengah yang tiba di Benua Amerika melalui Spanyol.

Salah satu pasar loak paling terkenal dan terpenting dari Tlatelolco adalah di Great Tenochtitlan (kini Mexico City), ibukota Kekaisaran Aztec, sebagai pembeli dan penjual dari seluruh Mesoamerika. Di sana bisa didapatkan semua barang-barang yang dibutuhkan pada saat itu.

Setiap hari dalam seminggu, hampir selalu ada tianguis di Meksiko. Biasanya tiangguis menempati jalan-jalan umum sehingga jalanan umum tersebut terpaksa ditutup untuk para pengendara.

Tianguis   Frutas Verduras Y Ropa
Para pedagang di tianguis

Semenjak fajar menyingsing hingga mentari terbenam, para pedagang dan penjual melakukan interaksi jual beli di tianguis.

Ada perbedaan yang jelas antara tianguis di kota dengan tianguis di daerah. Di tianguis kota kita dapat menemukan daging yang sudah dipotong bahkan sudah dalam bentuk kemasan. Sedangkan di tianguis daerah kita masih bisa menemukan sejumlah hewan seperti ayam dan domba yang diperjualbelikan dalam kondisi masih hidup.

Berkunjung ke tianguis mengingatkan saya akan pasar tradisional mingguan yang banyak terdapat di Indonesia. Dari mulai suasananya, cara berkomunikasi antara penjual dan pembelinya, hingga sejumlah pedagang asongan yang berkeliling menjajakan dagangannya.

Selayaknya pasar tradisional di Indonesia, di tianguis kita bisa menemukan berbagai jenis barang-barang kebutuhan masyarakat dari mulai bahan kebutuhan pokok, sayuran segar, buah-buahan hingga berbagai makanan tradisional khas Meksiko seperti taco, huaraces, torta, consome dan lain-lain.

Sejumlah baju, sepatu, beraneka-macam aksesoris hingga tas-tas model terkini, baik dalam kondisi yang masih baru maupun bekas juga turut ditawarkan.

Tianguis   Vendedores Y Compradores PanoramaAktifitas jual beli di tianguis

Selain itu terdapat juga tianguis khusus, diantaranya tianguis yang menjual khusus peralatan pertukangan, tianguis khusus perhiasan, tianguis khusus yang menjual berbagai jenis bunga dan tanaman, tianguis khusus hewan peliharaan dan bahkan ada tianguis yang menjual barang-barang ilegal, terutamanya dari Tiongkok.

Harganya yang lebih murah dari pasar modern seperti supermarket dan mall, membuat tianguis tetap menjadi pilihan masyarakat Meksiko, khususnya dari kalangan menengah ke bawah, untuk berbelanja. (Ale)

Comments powered by CComment