19 11 03 12 03 42 283 Deco

Masih ingat dengan Film Coco, sebuah film animasi yang berkisah mengenai seorang anak laki-laki bernama Miguel yang pergi ke dunia kematian untuk bertemu dengan kakek buyutnya yang merupakan seorang musisi terkenal? Film tersebut dibuat dengan berlatar kemeriahan perayaan días de los muertos, atau perayaan hari kematian ala Meksiko.

Días de los muertos merupakan festival hari kematian yang selalu dirayakan masyarakat Meksiko setiap tahun sebagai cara untuk mengenang sanak keluarga dan orang-orang terkasih yang telah pergi untuk selamanya.

Selama perayaan Días de Los Muertos berlangsung, setiap keluarga akan menghias rumah mereka dengan membuat altar atau ofrendas yang terdiri dari foto, Aztec Marigold (bunga kematian Meksiko), calacas dan calaveras (kerangka dan tengkorak), permen atau coklat berbentuk tengkorak, papel picado (semacam ornamen khas Meksiko), juga makanan, minuman, dan barang-barang kesukaan almarhum semasa hidup.

19 11 03 12 57 10 546 Deco
Sejumlah warga tengah melakukan upacara peringatan hari kematian di Meksiko (Foto: quetalmexico)

Masyarakat Meksiko percaya para kerabat yang telah tiada akan datang berkunjung untuk menyantap makanan dan minuman yang disajikan saat perayaan días de los muertos.

Perayaan días de los muertos di Meksiko selalu meriah setiap tahunnya karena dirayakan oleh seluruh lapisan masyarakat di negeri sombrero. Berbagai hiasan dengan tema hari kematian tampak meriah menghiasi sudut-sudut perkotaan dan pedesaan di Meksiko.

IMG 20191103 WA0094Hiasan khas días de los muertos di salah satu sudut jalan di Kota Meksiko (Foto: Inten Utari)

Gedung-gedung pemerintahan, mal-mal hingga sekolah-sekolah juga tak ketinggalan menghiasi gedung mereka dengan bunga kematian, tengkorak dan berbagai ornamen khas días de los muertos. Bahkan sejumlah sekolah juga mengadakan acara-acara khusus untuk memperingati hari kematian, seperti mengadakan pentas teater sebagai upaya untuk melestarikan tradisi asli Meksiko yang telah berusia ribuan tahun ini.

19 11 03 12 15 41 087 DecoSalah satu sekolah di Meksiko sedang melakukan pentas teater untuk memperingati días de los muertos (Foto: Quetalmexico)

Días de los muertos merupakan tradisi masyarakat Aztec Kuno yang sudah ada sejak zaman pra-Hispanik atau sekitar 2.500-3000 tahun silam. Dalam kalender masyarakat Aztec, perayaan ini jatuh pada bulan kesembilan atau sekitar awal Agustus, dan dirayakan selama satu bulan penuh.

Namun secara nasional Festival Días de los muertos dirayakan setiap tanggal 1 dan 2 November, yang bertepatan dengan perayaan Hari Raya Semua Orang Kudus (All Saints Day) dan Hari Arwah (All Souls Day) bagi umat Katolik.

Tanggal 1 November perayaannya dinamakan Día de Los Angelitos dan didedikasikan untuk mengenang arwah anak-anak. Sedangkan pada 2 November disebut Día de Los Difuntos yang diperuntukan bagi arwah orang dewasa.

IMG 20191103 WA0007Salah satu festival untuk memperingati días de los muertos (Foto: Inten Utari)

Meskipun tradisi ini merupakan tradisi asli Meksiko, namun sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Spanyol, serta beberapa negara di Amerika Selatan juga turut merayakannya. Bahkan pada tahun 2008, UNESCO memasukkan días de los muertos ke dalam “Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity".

Pada 1910, seorang kartunis dan litografer politik Meksiko, José Guadalupe Posada, membuat sebuah sketsa tengkorak perempuan yang memakai pakaian mewah Perancis dan menamakannya Calavera Garbancera.


19 11 03 12 29 33 953 DecoSalah satu patung Calavera Catrina (Foto: Quetalmexico)

Sosok ini awalnya dianggap sebagai tafsiran Posada dari Mictlancíhuatl, dewi kematian dalam mitologi Aztec. Namun ia sebenarnya merupakan pesan satir dari Posada kepada masyarakat asli Meksiko yang dianggap telah mengadopsi budaya Eropa pada masa pra-revolusi. Seiring waktu, gambar akan menjadi "Catrina", salah satu simbol yang paling penting dari "El día de los Muertos".

IMG 20191103 WA0022Salah seorang model wanita berdandan ala Calavera Catrina (Foto: Inten Utari)

Calavera Catrina kini telah menjadi ikon dalam perayaan Días de Los Muertos di Meksiko dan kostum dengan gambar sosoknya selalu dipakai orang ketika festival ini berlangsung.

Comments powered by CComment