Screenshot 20200512 171740 Resize 70

Menjalani ibadah puasa di Bulan Ramadan di tengah wabah Covid-19 memang sangat berbeda. Perbedaan tersebut terutama dirasakan oleh negara-negara yang warga negaranya mayoritas beragama Islam seperti di Indonesia.

Berbagai aktifitas saat ramadan seperti sholat tarawih berjamaah dan buka puasa bersama terpaksa tidak bisa dilakukan untuk menghindari terinfeksi virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut.

Lalu bagaimana dengan umat muslim Indonesia yang tinggal di Meksiko dalam melaksanakan ibadah puasa di tengah pandemik Covid-19?

Jika wabah Covid-19 membuat ramadan di Indonesia menjadi begitu berbeda, lain halnya dengan di Meksiko.

Menurut sejumlah warga negara Indonesia yang tinggal di Meksiko, berpuasa di tengah wabah Covid-19 justru membuat mereka merasa lebih nyaman dalam menjalani ibadah puasa di Bulan Ramadan tahun ini.

Pasalnya situasi yang mengharuskan mereka untuk tetap tinggal di dalam rumah membuat mereka lebih fokus dalam menjalankan ibadah puasa.

"Biasanya kan mesti pergi ke kantor, menahan haus dan dahaga di tengah orang-orang yang tidak berpuasa. Kalau sekarang di rumah saja, lebih nyaman," kata Eni Sulistyaningsih, seorang muslim Indonesia yang tinggal di Mexico City.

FB IMG 1589323382289 Resize 31
Eni Sulistyaningsih, salah satu WNI yang tinggal di Mexico City (Foto: Dok pribadi)

Hal senada juga diungkapkan oleh Anisyah Destrayanti. Menurut Anisyah yang menikah dengan pria asal Meksiko ini, wabah Covid-19 yang mengharuskan semua orang kerja dari rumah (work from home) memberikan berkah tersendiri bagi keluarganya.

Sebab biasanya sang suami sedikit kesulitan untuk mengikuti sholat tarawih berjamaah karena hampir selalu pulang terlambat dari kantornya. Namun karena ramadan tahun ini selalu berada di rumah, mereka pun dapat menunaikan ibadah sholat tarawih berjamaah bersama keluarga di rumah.

Screenshot 20200512 193120 Resize 80
Anisyah dan keluarga tengah berbuka puasa (Foto: Dok pribadi)

Sedangkan untuk sahur dan berbuka puasa di tengah wabah Covid-19, diakui Hartono Wijaya, seorang WNI yang tinggal di Kota Victoria di negara bagian Tamaulipas, dirinya cukup mengalami kesulitan saat berbelanja bahan-bahan makanan seperti sayuran, buah dan daging.

Pasalnya selain tidak banyak super market yang buka, dirinya juga kerap khawatir saat keluar rumah. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu solusi yang dilakukannya adalah dengan berbelanja online.

FB IMG 1589323537322 Resize 91
Hartono Wijaya bersama dengan keluarga (Foto: Dok. pribadi)

Meski lebih nyaman dalam menjalankan ibadah puasa tahun ini, namun wabah Covid-19 tetap saja membawa perubahan bagi umat muslim Indonesia yang tinggal di Meksiko.

Salah satu perubahan tersebut adalah ditiadakannya acara buka puasa bersama yang menjadi rutinitas WNI di Mexico City saat Bulan Ramadan.

Menurut Anisyah, biasanya di akhir pekan saat ramadan, dirinya bersama keluarga seringkali bersilahturahmi dengan teman-teman WNI lainnya dengan berbuka puasa bersama.

"Biasanya kita bikin makanan ringan khas Indonesia seperti kolak, bakwan, es campur dan lain-lain buat bukber," tuturnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Eni. Eni mengaku sedih karena rutinitas buka puasa bersama dengan teman-teman WNI lainnya di Meksiko tidak bisa dilaksanakan pada tahun ini.

Padahal acara buka bersama menjadi salah satu pengobat rindu warga negara Indonesia yang tinggal di perantauan.

Comments powered by CComment