Saturno Y Sus Satlites

Tim yang dipimpin oleh astronom Scott S. Sheppard dari Carnegie Institute of Science menemukan 20 satelit baru di orbit di sekitar planet Saturnus. Dengan penemuan ini, maka planet ini sekarang memiliki 82 satelit atau bulan.

Satelit-satelit ini memiliki diameter rata-rata 5 km. Dari jumlah tersebut 17 diantaranya mengikuti orbit retrograde, yaitu berputar berlawanan arah dengan rotasi planet. Sedangkan 3 lainnya mengikuti orbit Saturnus.

Satu tahun di sana (waktu yang dibutuhkan dari satelit-satelit tersebut untuk mengelilingi Planet Saturnus) sama dengan 2 hingga 3 tahun di bumi.

Sheppard menjelaskan kepada media bahwa satelit-satelit di Planet Saturnus dikelompokkan menjadi 3 jenis orbit. Berdasarkan sudut kemiringannya terdiri dari orbit interior pada 36 °, eksterior pada 46 ° dan orbit retrograde.

Dari satelit-satelit yang telah ditemukan, 2 satelit sesuai dalam klasifikasi luar, 17 satelit dalam klasifikasi retrograde, dan 1 satelit adalah klasifikasi ambigu, karena meskipun memiliki kecenderungan 36 ° ia juga memiliki orbit luar.

Lebih jauh Sheppard mengungkapkan bahwa satelit di orbit retrograde bisa jadi merupakan sisa dari tabrakan antar objek yang lebih besar.

Sedangkan satelit dalam klasifikasi ambigu bisa saja merupakan satelit yang berasal dari orbit dalam/interior 36 ° yang kemudian terseret keluar oleh waktu, atau mungkin juga sama sekali tidak ada hubungannya dengan satelit dari orbit dalam dan menjadi bagian dari orbit yang lain.

Berikut adalah tweet yang dibagikan langsung dari Carnegie Institute dan video penjelasannya:

 

 

 

 

 

Comments powered by CComment