19 05 20 18 33 35 842 Deco

Menjalani ibadah puasa Ramadhan di negeri orang sudah menjadi hal yang biasa bagi keluarga Karina Rahmita atau Lola dan Heru Haryansah. Pasalnya mereka sudah merantau jauh dari Indonesia sejak beberapa tahun silam.

Sejumlah negara pernah mereka tinggali, dari mulai Canada, Jepang, hingga Meksiko. Selama bertahun-tahun tinggal di negeri seberang tentu membuat pasangan yang telah dikaruniai seorang putra tampan ini sudah terbiasa menjalani ibadah puasa di tengah lingkungan masyarakat dan budaya yang berbeda.

Seperti tahun ini dimana Lola, Heru dan sang putra, Alexander Yudhistira Haryansah atau yang biasa disapa Odin, menjalani ibadah puasa di negeri sombrero.

Menurut Lola, agar tetap prima dalam menjalani ibadah puasa kali ini, ia dan keluarganya sengaja mempersiapkan diri baik dari segi fisik maupun mental mengingat waktu berpuasa di Meksiko yang lebih panjang dari Indonesia.

"Ya persiapan buat puasa, fisik dan mental sih pastinya, soalnya durasi puasa di sini kan lebih lama," tuturnya.

Diakui Lola, hadirnya Bulan Ramadhan juga turut merubah sejumlah kebiasaan dalam keluarganya. Seperti jam makan yang berubah, juga kebiasan ngopi dan makan diluar yang otomatis berkurang.

"Karena puasa, otomatis kebiasaan ngopi-ngopi sama makan di luar jadi berkurang," jelas Lola.

Sedangkan untuk sahur dan berbuka puasa, Lola mengungkapkan kalau dia selalu memprioritaskan bersama sang suami dan anak tercinta, mengingat saat ini mereka jauh dari keluarga besar di Indonesia.

19 05 20 18 30 50 610 DecoHeru, Odin dan Lola

Agar suasana ramadhan di Meksiko tidak terlalu terasa berbeda dengan di tanah air, Lola pun menyiapkan menu spesial khas ramadhan seperti es buah, bubur kacang dan kolak.

"Biar tetap terasa suasana ramadhan kayak di Indonesia, makanya kita siapin menu tambahan khas puasa seperti es buah dan kolak," ujarnya.

Lebih lanjut Lola mengungkapkan kalau ia dan keluarganya menjalani ibadah puasa dengan ikhlas tanpa menjadikan puasa sebagai beban. Bagi Lola dan Heru sebagai orang tua, menjalani puasa di tengah cuaca yang panas serta lingkungan dan masyarakat yang berbeda tentu bukan suatu masalah.

Namun berbeda halnya dengan sang putra. Odin yang baru meginjak usia 7 tahun sempat mendapat banyak pertanyaan dari teman-teman dan pihak sekolah mengenai dirinya yang berpuasa (tidak makan dan minum) selama di sekolah.

"Ya soalnya kan di sekolahnya tidak ada yang muslim, jadi pada heran," jelas Lola.

 

 

 

Comments powered by CComment