19 04 24 15 04 43 712 Deco

Pelaksanaan pemilu presiden dan DPR RI pada 13 April lalu di Meksiko City menyisakan sejumlah cerita menarik, khususnya bagi anak-anak keturunan Indonesia yang tinggal di negeri sombrero.

Meskipun tinggal jauh dari tanah air, namun anak-anak ini tidak kalah bersemangatnya dengan teman-teman mereka di Indonesia dalam menyambut pesta demokrasi 5 tahunan tersebut.

Seperti yang diakui Katia Sondang Sitompul atau Katie, dan Anggarani Rumondang Sitompul atau Anggie, dua kakak beradik yang terlahir dari kedua orang tua asli Indonesia, namun lahir dan besar di negeri mariachi.

Menurut Anggie, pemilu 2019 ini adalah pemilu pertama yang diikutinya. Karena itulah dia merasa sangat bersemangat untuk turut serta berpartisipasi dalam pemilu kali ini.

 19 04 24 15 07 14 014 Deco
Anggie & Katie (Foto: Doc Pribadi)

Jauh dari tanah air tidak menjadi alasan bagi Anggie dan Katie untuk mencari tahu sosok capres dan cawapres serta partai-partai termasuk calon-calon wakil rakyat dalam pemilu 2019 sebelum hari pemungutan suara tiba.

Hal itu dilakukan guna menghindari terjadinya salah pilih calon. Setelah yakin dengan pilihannya, kedua gadis cantik ini pun mantap mengikuti pemungutan suara langsung di TPSLN KBRI Mexico City.

Sebagai pemilih pemula, Anggie yang saat ini berusia 20 tahun, mengaku sempat bingung ketika melakukan pencoblosan. Maklum saja, meski sudah mendapatkan penjelasan mengenai tata cara pencoblosan, namun ini kali pertama baginya mengikuti pemungutan suara secara langsung di dalam bilik suara.

IMG 20190423 WA0002

Anggie dalam bilik suara

Berbeda halnya dengan sang kakak, Katie. Bagi mahasiswi jurusan arsitek di Universitas Otonom Nasional Meksiko (UNAM), salah satu universitas terkemuka di Meksiko ini, pemilu 2019 merupakan yang kedua diikutinya. Karena telah berpengalaman dalam pencoblosan sebelumnya, Katie pun lebih tenang dan mengerti saat melakukan pemungutan suara langsung.

19 04 24 15 41 09 389 DecoBersama keluarga tercinta (Foto: Doc pribadi)

Lebih lanjut putri dari pasangan Rini dan almarhum Wilson Sitompul ini berharap agar jalannya pemilu di tanah air dapat berjalan dengan lancar, aman dan adil demi Indonesia yang lebih baik. (Eti)

Comments powered by CComment