15 11 03 20 48 51 210 Deco

Kilauan warna pelangi yang membuncah di langit Taxco tampak memayungi sejumlah bangunan berarsitektur kolonial nan klasik yang berundag di sepanjang perbukitan nan hijau. Sementara di sekelilingnya tampak pegunungan laksana permadani hijau menghampar memagari keindahan si "kota ajaib".

Taxco de Alarcón atau yang lebih dikenal dengan Taxco adalah salah satu kota tujuan wisata popular di Meksiko. Lokasinya berada di utara negara bagian Guerrero, sekitar 170 km di sebelah barat daya ibu Kota Meksiko, Mexico City.

15 11 03 20 19 21 400 DecoTaxco, Meksiko

Nama Kota Taxco berasal dari kata "Tlachco" dalam bahasa Nahuatl yang berarti "place of the ballgame" atau tempat pertandingan bola. Nama Tlachco kemudian diganti menjadi Taxco de Alarcón untuk menghormati penulis terkenal Meksiko bernama Juan Ruiz de Alarcon y Mendoza, yang diyakini lahir di kota ini pada tahun 1581.

Destinasi utama dari kota Taxco adalah panorama alamnya yang spektakuler. Taxco terletak di wilayah perbukitan yang curam, jalan-jalan sempit yang tak beraturan dan minim trotoar namun terlihat indah dengan hiasan garis-garis, gambar dan mural dari batu putih.

19 07 04 16 58 28 747 DecoJalan-jalan sempit sebagai ciri khas Taxco

Sejumlah rumah di Taxco dibangun di atas tebing-tebing terjal. Meski tampak berbahaya namun keberadaan bangunan-bangunan tersebut di atas perbukitan menambah daya tarik keindahan Kota Taxco.

Agar dapat menikmati panorama Kota Taxco dengan sempurna, para wisatawan dapat menggunakan kereta gantung atau cableway yang siap memanjakan dengan sajian keindahan alam Taxco dari udara.

FB IMG 1562193072094Kereta gantung tengah melintasi jalan raya di Kota Taxco

Dengan tarif 90 Peso atau sekitar Rp 76 ribu (kurs Rp 850/Peso) untuk rute pulang pergi dan 60 Peso atau sekitar Rp 51 ribu untuk tarif sekali jalan, kita bisa menyaksikan panorama keindahan Kota Taxco yang mempesona.

19 07 04 16 45 09 760 DecoPemandangan Kota Taxco dari atas kereta gantung

Selain menggunakan kereta gantung, kita juga dapat menikmati panorama spektakuler Kota Taxco dari atas Cristo Rey Monumental de Taxco.

Cristo Rey Monumental merupakan patung monumental setinggi 5 meter yang terletak di puncak bukit Cerro de Atache dan merupakan salah satu lokasi paling indah di kota yang terletak di jantung pegunungan ini. Dari tempat inilah kita dapat menikmati seluruh keajaiban Kota Taxco yang menakjubkan.

19 07 04 16 02 58 847 DecoCristo Rey Monumental de Taxco

Kita bisa menikmati kemegahan Cristo Rey Monumental ini secara gratis selama 24 jam. Untuk mencapai lokasi ini kita bisa menggunakan combi (van / bus kecil) ke Cascahuates dengan ongkos sekitar $ 10 peso. Setelah tiba di sana kita harus berjalan kaki sejauh 120 meter selama 5 menit.

Namun jika tidak ingin berjalan kaki lagi ke lokasi, kita bisa menggunakan taksi dari pusat kota dengan biaya sekitar $ 130 peso hingga $ 300 peso yang akan langsung membawa kita ke puncak bukit Atache, tempat patung sang Kristus dari Taxco berada.

Selain menikmati panoramanya yang istimewa, Taxco juga menawarkan beragam destinasi wisata menarik lainnya yang tersebar di seluruh penjuru kota.

Nikmati pesona Plaza Borda, alun-alun utama Kota Taxco yang menjadi pilihan tempat melepas lelah para wisatawan usai berkeliling kota.

19 07 04 16 55 43 216 DecoPlaza Borda, Taxco

Sementara di sisi utara alun-alun terdapat Casa Borda atau Rumah Borda, salah satu bangunan non-religius terpenting di Taxco, yang merupakan rumah peninggalan José de la Borda, sosok yang membangun Plaza Borda.

Jangan lupa pula untuk mengunjungi Paroki Santa Prisca y San Sebastian, atau yang sering disebut sebagai Gereja Santa Prisca, sebuah monumen kolonial yang dibangun antara tahun 1751 hingga 1758. Lokasinya berada di sisi timur Plaza Borda, dan merupakan salah satu dari beberapa bangunan bergaya Baroque di negara bagian Guerrero.

Gereja Santa PriscaGereja Santa Prisca, Taxco

Bagi Anda pecinta museum, di dekat alun-alun utama terdapat dua buah museum yang menarik, yaitu Museum William Spratling dan Museum of Art Viceregal atau Museum Seni Viceregal.

Museum William Spratling berisi potongan perak dan arkeologi dari koleksi pribadi Spratling. Sedangkan Museum of Art Viceregal berisi benda-benda seni peninggalan masa kolonial dan artefak, beberapa di antaranya merupakan koleksi milik José de la Borda.

Selain itu Taxco juga dikenal sebagai kota penghasil kerajinan perak dengan kualitas terbaik di Meksiko. Adalah Penulis dan Arsitek asal Amerika, William Spratling yang mendirikan workshop kerajinan perak pertama kali di Taxco pada tahun 1930-an.

Kerajinan Perak TaxcoSalah satu kerajinan perak khas Taxco

Kini Taxco menjelma sebagai kota penghasil kerajinan perak utama di Meksiko. Bahkan kerajinan perak asal Taxco telah menjadi salah satu komoditi ekspor utama Meksiko.

Harga yang terjangkau dengan kualitas yang tinggi menjadikan kerajinan perak asal Taxco menjadi buruan wisatawan yang berkunjung untuk dijadikan cinderamata.

Comments powered by CComment