19 12 02 19 51 45 635 Deco

Borobudur adalah candi atau kuil sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia. Candi ini berbentuk stupa yang didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra.

Pada tahun 1991, situs sejarah ini menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Borobudur memiliki koleksi relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia. Stupa utama terbesar teletak di tengah sekaligus memahkotai bangunan ini, dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca Buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma).

 Borobudur 890450 1280Candi Borobudur di Indonesia, salah satu dari 7 keajaiban dunia (Foto: www.pixabay.com)

Monumen ini merupakan model alam semesta dan dibangun sebagai tempat suci untuk memuliakan Buddha sekaligus berfungsi sebagai tempat ziarah untuk menuntun umat manusia beralih dari alam nafsu duniawi menuju pencerahan dan kebijaksanaan sesuai ajaran Buddha.

Borobudur terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini berjarak sekitar 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta.

Borobudur berada di atas bukit pada dataran yang dikeliling dua pasang gunung kembar, yaitu Gunung Sindoro-Sumbing di sebelah barat laut dan Gunung Merbabu-Merapi di sebelah timur laut. Sedangkan di sebelah utara terdapat bukit Tidar, lebih dekat di sebelah selatan terdapat jajaran perbukitan Menoreh. Selain itu candi ini juga terletak di dekat pertemuan dua sungai, yaitu Sungai Progo dan Sungai Elo di sebelah timur.

Borobudur TempleArca Buddha diantara stupa Candi Borobudur (Foto: www.pixabay.com)

Menurut bukti-bukti sejarah, Borobudur ditinggalkan pada abad ke-14 seiring melemahnya pengaruh kerajaan Hindu dan Buddha di Jawa serta mulai masuknya pengaruh Islam.

Borobudur tersembunyi dan telantar selama berabad-abad terkubur di bawah lapisan tanah dan debu vulkanik yang kemudian ditumbuhi pohon dan semak belukar sehingga Borobudur kala itu benar-benar menyerupai sebuah bukit.

Alasan sesungguhnya penyebab Borobudur ditinggalkan hingga kini masih belum diketahui. Namun pada tahun 928 dan 1006, Raja Mpu Sindok memindahkan ibu kota kerajaan Medang ke kawasan Jawa Timur setelah serangkaian letusan gunung berapi. Beberapa sumber menduga kalau faktor inilah yang kemungkinan menjadi sebab Borobudur ditinggalkan.

Dunia mulai menyadari keberadaan bangunan ini sejak ditemukan 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffles, yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Jenderal Inggris atas Jawa. Sejak saat itu Borobudur telah mengalami serangkaian upaya penyelamatan dan pemugaran (perbaikan kembali).

Saat ini Borobudur masih digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan. Setiap tahun umat Buddha yang datang dari seluruh Indonesia dan mancanegara berkumpul di Borobudur untuk memperingati Trisuci Waisak. Dalam dunia pariwisata, Borobudur adalah objek wisata tunggal di Indonesia yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Tidak seperti candi lainnya yang dibangun di atas tanah datar, Borobudur dibangun di atas bukit dengan ketinggian 265 m (869 ft) dari permukaan laut dan 15 m (49 ft) di atas dasar danau purba yang telah mengering. Namun keberadaan danau purba ini menjadi bahan perdebatan yang hangat di kalangan arkeolog pada abad ke-20.

Borobudur 2166750 1280Deretan stupa di Candi Borobudur (Foto: www.pixabay.com)

Bagi Anda yang berminat untuk berkunjung ke Candi Borobudur, berikut cara mencapainya:

 

Bus dari Yogyakarta

Dari Yogyakarta anda perlu menuju terminal bus Jombor untuk menaiki bus jurusan Borobudur. Namun jika anda berada di bandara Adisutjipto anda bisa menaiki bus Damri jurusan bandara - Borobudur langsung.

Jika anda berada di dalam kota, anda dapat menaiki bus Trans Jogja jurusan terminal Jombor. Bus Jurusan Borobudur biasanya berukuran lebih kecil daripada bus antar kota antar provinsi dengan harga sekitar Rp 10.000. Waktu tempuh biasanya sekitar 1 jam. Setelah sampai di terminal Borobudur anda dapat melanjutkan perjalanan dengan becak, dokar, atau berjalan kaki.

 

Kendaraan Pribadi dari Yogyakarta

Jalan utama menuju Borobudur dari Yogyakarta adalah melalui Jalan Magelang. Untuk menuju jalan Magelang anda dapat menuju terminal bus Jombor. Dari Jombor bergeraklah ke arah utara menuju Kota Magelang.

Setelah sekitar 40 km, anda akan menemui Tugu Bambu Runcing Muntilan. Tak lama setelah tugu, anda akan bertemu pertigaan Palbapang ( Mungkid Magelang), ambil arah kiri. Jarak Palbapang sampai Borobudur sekitar 10 km. Candi Mendut sekitar 4,5 km.

 

Bus Dari Semarang

Dari terminal bus semarang, naik bis jurusan Jogja / Magelang. Anda dapat turun di beberapa tempat seperti di terminal bus Magelang, atau persimpangan Blondo (pertigaan antara Mertoyudan dan Blabak), atau persimpangan Palbapang (pertigaan antara Blabak dan Muntilan). Dari situ anda bisa melanjutkan perjalanan menuju terminal Borobudur dengan menggunakan bus arah Borobudur. Jarak Semarang-Borobudur sekitar 90 km, waktu tempuh sekitar 3,5 jam.

 

Sumber:
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Borobudur http://borobudurpark.com/temple/borobudur/

Comments powered by CComment