19 04 25 23 45 43 210 Deco

Jalanan berkelok terselubung rimbunan hijau pepohonan menjadi pintu masuk menuju Danau Zempoala, sebuah danau indah yang berjarak sekitar 1 setengah jam dari ibukota Meksiko, Mexico City.

Danau Zempoala merupakan bagian dari Taman Nasional yang terletak diantara negara bagian Morelos dan Negara Bagian Mexico State (Estado de Mexico) dan dapat dinikmati oleh siapa saja secara gratis.

Di dalam taman nasional, terdapat tujuh laguna atau danau yang dikelilingi oleh hutan pinus, oyameles dan ek, yaitu Quila, yang merupakan danau terbesar, kemudian Danau Zempoala, Danau Compila, Danau Tonatihua, Danau Seca, Danau Prieta dan Danau Hueyapan. Sayangnya dari ketujuh danau tersebut, beberapa diantaranya saat ini mulai mengering.

Taman Nasional Danau Zempoala
Taman Nasional Danau Zempoala

Di kawasan Danau Zempoala terdapat beragam aktifitas yang dapat diikuti para pengunjung. Misalnya dengan menyewa sepeda air seharga $100 Peso untuk 30 menit, Anda sudah bisa berkeliling danau untuk mengeksplor keindahannya.

Salah Satu Aktifitas Di Danau Zempoala
Salah satu aktifitas di Danau Zempoala

Anda juga bisa berkuda mengelilingi danau, sambil bergaya ala cowboy Mexicano. Seperti halnya sepeda air, seekor kuda dapat Anda sewa sekitar $100 Peso per 30 menit.

Selain itu Anda juga bisa melakukan hiking atau bersepeda, baik perseorangan maupun berkelompok dengan bantuan seorang pemandu, mengeksplor keindahan Danau Zempoa dari atas perbukitan.

19 04 26 00 12 21 471 DecoPemandangan Danau Zempoala dari atas perbukitan

Bagi yang ingin menikmati keindahan malam di Danau Zempoa, berkemah di tepi danau yang tenang, layak menjadi pilihan.

Sejumlah fasilitas umum seperti toilet tersedia bagi para pengunjung. Demikian pula dengan para pedagang kerajinan lokal yang menjajakan dagangannya dengan santun tanpa mengganggu aktifitas wisatawan.

Sejumlah Restoran Sederhana Di Tepi Danau Zempoala
Sejumlah restoran sederhana di tepi Danau Zem
poala

Berbagai makanan lezat khas Meksiko seperti quesadillas, taco, pambazos, cecina dan champurrado siap memanjakan perut Anda yang disajikan dari sejumlah restoran sederhana yang berjejer di sekitar danau.

Namun jika Anda ingin berhemat, Anda bisa membawa bekal makanan sendiri dari rumah yang dapat dinikmati bersama keluarga sambil duduk di kursi piknik di tepian danau.

Untuk dapat menjangkau Danau Zempoala dari Mexico City, Anda bisa menggunakan bus ke arah Cuernavaca dan berhenti di Tres Marías. Dari sana Anda dapat naik bus lain yang membawa Anda ke Huitzilac. Dari Huitzilac, naik taksi atau bus ke arah Toluca lalu turun di pintu masuk Danau Zempoala.

19 04 26 09 35 12 189 DecoSelamat datang di Taman Nasional Danau Zempoala

Jika Anda memutuskan pergi dengan menggunakan mobil pribadi, Anda harus mengambil rute jalan bebas hambatan federal atau 95 yang mengarah ke Cuernavaca. Di km. 37 (Tres Marías), ambil jalur ke arah Huitzilac hingga tiba di kawasan Danau Zempoala. Tersedia fasilitas tempat parkir gratis di sekitar danau. (Eti)

Comments powered by CComment