FB IMG 1555997126747

Kilauan emas semburat senja di ufuk barat tampak menyapu hamparan permadani biru di sore itu. Nun jauh di batas cakrawala tampak sejumlah surfer saling berlomba menaklukan keangkuhan gulungan ombak yang membuncah. Sementara sebagian orang lainnya memilih duduk bersantai di atas lembutnya pasir putih sambil menikmati keindahan alam yang tersembunyi di selatan Jawa, Pantai Sawarna.

Pantai Sawarna merupakan sekumpulan pantai eksotis dengan panjang pantai mencapai 65 km. Letaknya berada di Desa Sawarna Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak Propinsi Banten. Destinasi wisata pantai ini mulai dikenal pecinta wisata khususnya dari kalangan menengah ke bawah sejak beberapa tahun terakhir.

Keindahan pantainya yang unik dengan hamparan pasir putih berpadu dengan karang berpagar hijaunya perbukitan nan asri menjadi salah satu daya tarik wilayah ini untuk dikunjungi. Sejumlah destinasi wisata eksotik siap memanjakan para wisatawan dengan suguhan panorama yang memikat, diantaranya Pantai Ciantir, Pantai Tanjung Layar, Karang Teraje, Goa Lalay dan Goa Langir serta Goa Seribu Candi.

 Pantai CiantirPantai Ciantir

Pantai Ciantir

Pantai Ciantir menyuguhkan panorama pantai dengan hamparan pasir putih nan lembut yang berpadu dengan hijaunya perbukitan. Besarnya ombak ternyata tidak menyurutkan minat para wisatawan untuk menikmati segarnya air laut dengan berenang di tepian pantai yang landai.

 

Pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung Layar menyajikan dua karang besar yang berhimpitan seperti sebuah layar kapal sebagai latar dengan hiasan karang-karang cadas dan datar laksana lantai sebuah kapal. Pantai ini merupakan ikon dari Pantai Sawarna. Karena itulah tidak lengkap rasanya jika berlibur ke Pantai Sawarna tanpa mengunjungi pantai unik ini.

 

Karang Teraje

Bagi wisatawan yang ingin menyaksikan panorama sunset yang spektakuler, maka pilihan yang tepat adalah dengan mengunjung Karang Teraje. Di lokasi ini para wisatawan akan dimanjakan dengan keelokan panorama sunset yang eksotis dari atas gugusan karang yang menjulang di sepanjang pantai.

Sawarna   Amanecer
Matahari terbit di pantai Sawarna

Goa Lalay

Goa Lalay terletak di kaki Bukit Pasir Tangkil, yang berada di kawasan Kampung Cipanas di Desa wisata Sawarna. Goa ini dinamakan Lalay atau kelelawar dalam Bahasa Sunda, dikarenakan dahulunya goa tersebut merupakan sarang dari ribuan kelelawar.

Untuk masuk ke dalam goa, pengunjung diharuskan untuk selalu berhati-hati. Pasalnya meski memiliki pintu masuk yang cukup lebar namun bagian atapnya lumayan rendah. Sementara didalam goa terdapat aliran sungai kecil yang sedikit licin dan berlumpur.

Goa Lalay diperkirakan memiliki panjang lebih dari 2 kilometer. Namun karena jalur goa yang semakin menyempit, maka para pengunjung hanya diizinkan untuk mengkesplorasi hingga di kedalaman 400 meter saja.

 

Goa Langir

Pantai Goa Langir berada sekitar 2 km dari pusat keramaian desa wisata Sawarna. Lokasinya yang berada di cekungan tebing dan tersembunyi cukup sulit untuk ditemukan tanpa bantuan pemandu lokal.

Jalanan menuju goa Langir sedikit menanjak dengan bebatuan dan kerikil di atasnya. Namun setelah tiba di depan mulut goa, ternyata perjuangan masih belum usai. Pasalnya wisatawan akan dipaksa untuk memasuki pintu goa yang lumayan kecil dengan jalan masuk yang menurun.

Perjuangan nan melelahkan ke dalam Goa Langir akhirnya terbayar lunas begitu kita tiba di dalam goa. Sebab meski pintu masuk goa cukup sempit, namun ruangan didalam goa lumayan besar dengan panorama yang mengagumkan.

Sawarna   Cueva
Air terjun di goa Sawarna

Goa Seribu Candi

Goa Seribu Candi memberikan hadiah panorama keindahan stalagmit dan stalagtit yang menjulang menyerupai candi-candi kecil di dalamnya. Tidak heran bila kemudian goa ini dinamakan sebagai Goa Seribu Candi (Eti).

Comments powered by CComment