Bernal   Vista De La Pea Desde La Carretera

Dari dalam mobil yang terus melaju membelah jalanan berdebu, tampak Peña de Bernal (dalam Bahasa Spanyol yang berarti Batu dari Bernal) berdiri tinggi menjulang seakan mengucapkan selamat datang kepada setiap wisatawan.

La Peña de Bernal adalah monolit terbesar ketiga di dunia, terletak di kota Bernal, Ezequiel Montes di negara bagian Querétaro, Meksiko.

Menurut penelitian, batu raksasa ini terbentuk dari gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi. Kemudian lava di dalam perut gunung tersebut menjadi padat. Erosi yang terjadi selama bertahun-tahun membuat sisa-sisa gunung berapi menghilang. Magma solid yang tersisa pun kemudian membentuk monolit.

Dari kejauhan, Peña de Bernal sepertinya dapat dijangkau dengan mudah. Namun saat mobil melaju kian mendekat, ternyata tak semudah yang dibayangkan. Jalanan terjal dan berliku menuju puncak monolit setinggi 350 meter tersebut nyatanya membutuhkan waktu setidaknya 2 jam untuk mencapainya.

Sesuai namanya, Peña de Bernal terletak di Kota Bernal. Kota ini berjarak sekitar 45 menit dari Kota Querétaro, dan 2 setengah jam dari Mexico City. Lokasinya dekat dengan destinasi wisata terkenal lainnya seperti Tequisquiapan dan San Juan del Río.

Seperti kebanyakan kota kolonial lainnya di Meksiko, kondisi Kota Bernal masih asli seperti saat dibangun pertamakalinya pada tahun 1647. Di kota ini tidak terdapat resort, restoran waralaba atau bangunan berlantai tiga. 

Bernal Vista De La Pea Desde El Pueblo

Kota Bernal, Meksiko

Untuk sampai ke Bernal, baik dengan mobil atau dengan transportasi umum seperti bus, kita harus melewati kawasan industri, peternakan, dan perkebunan anggur.

Setelah tiba di Bernal, hal pertama yang ingin kita lakukan adalah makan. Salah satu rumah pertama yang juga merupakan tempat penginapan pertama di kota tersebut adalah Restoran El Mezquite.

Tempat ini didirikan oleh Letnan Alonso Cabrera, dan hingga saat ini masih menjadi milik keluarga tersebut. Nama Mezquite diambil sebagai nama restoran dikarenakan di halaman rumah tersebut terdapat sebuah Pohon Mezquite yang telah berusia lebih dari 600 tahun.

Restoran El Mezquita menyajikan menu makanan tradisional khas Meksiko yang lezat. Namun yang paling istimewa dari restoran tersebut adalah pemandangannya yang langsung menghadap ke Peña de Bernal. 

Bernal   Vista Desde El Mezquite

Pemandangan Peña de Bernal dari Restoran El Mezquita

Setelah puas menikmati hidangan dari Restoran El Mezquita, kini saatnya kita berkeliling Kota. Kota Bernal merupakan salah satu kota kolonial peninggalan Spanyol. Di pusat kota terdapat sejumlah gedung berarsitektur kolonial seperti La Capilla de las Ánimas, Templo de San Sebastián Mártir dan el Museo de la Máscara. 

Bernal   Templo De San Sebastin Bernal

Templo San Sebastián Mártil

Selain itu kita juga bisa berkeliling menyusuri jalanan berbatu nan indah sambil menikmati jejeran makanan ringan dan kerajinan tangan tradisional khas Meksiko yang ditawarkan para pedagang lokal.

Bernal   Venta De Artesanas

Salah satu kerajinan tradisional khas Meksiko

Tidak puas rasanya berkunjung ke Bernal tanpa mendaki La Peña de Bernal. Namun untuk mendaki batu raksasa ini, diperlukan stamina yang kuat. Pasalnya dengan ketinggian sekitar 350 meter ditengah cuaca yang panas hingga mencapai antara 30 - 40 drajat Celcius cukup menguras energi saat mendaki.

Dari pintu masuk pendakian, kita harus melewati jalanan berliku nan terjal yang dibatasi oleh vendor, restoran, serta hotel kecil. Terdapat  pula serangkaian tangga yang terbuat dari batu yang belum dipotong.

Setelah pendakian yang melelahkan, kita pun tiba di tempat terbuka yang lapang. Di sana kita dapat berbaring melepas lelah, atau mengambil foto pemandangan kota yang tampak mempesona dari ketinggian Peña de Bernal.

Bernal Vista Del Pueblo Desde La Pea

Pemandangan kota dari atas Peña de Bernal

Selain memiliki landscape yang istimewa, Bernal juga menawarkan festival istimewa yang menjadi budaya khas kota tersebut. Seperti Spring Equinox yang diadakan setiap tanggal 19 hingga 21 Maret, dan Santa Cruz Festivities yang berlangsung dari tanggal 1 hingga 5 Mei.

Santa Cruz Festivities merupakan festival yang menyajikan sebuah prosesi perjalanan menuju puncak Peña de Bernal untuk menempatkan salib di puncak batu raksasa tersebut.

Atraksi lainnya yang dapat dinikmati para wisatawan adalah panjat tebing. Ketinggian dan keterjalan Peña de Bernal menjadikannya tempat yang sangat menarik bagi para praktisi olahraga ekstrem. 

Keunikan Peña de Bernal mendorong pemerintah untuk tetap mempertahankan keasliannya. Pada tahun 2006 Bernal memperoleh label kualitas pariwisata Pueblo Mágico (Kota Ajaib).

Kota-kota dengan label Pueblo Mágico diakui sebagai daerah yang memiliki atribut simbolis, legenda, sejarah, fakta-fakta transendental, yang terkait dalam setiap manifestasi budayanya yang menjadi daya tarik bagi dunia wisata.

Pada tahun 2009, Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO) memasukan Bernal ke dalam daftar WARISAN MANUSIA TAK TERWUJUD. Penunjukan ini dicapai karena Bernal dianggap sebagai "Tempat ingatan dan tradisi hidup masyarakat Otomí - Chichimecas de Tolimán".

 

Referensi: http://www.sectur.gob.mx/gobmx/pueblos-magicos/bernal-queretaro/ http://www.queretaro.gob.mx/

Comments powered by CComment